RSS
Write some words about you and your blog here

Abstrak Ga Abstrak

Sekali lagi, masih (juga) dalam rangka mengikuti lomba blog yang diadakan oleh "FUN DAYS with SPEEDY".

Sebelum dimulai, perlu diberi tahu postingan ini berupa esai. Jadi, jangan berharap unsur negatif dan positif di sini seimbang.

Masa anak-anak adalah masa penuh imajinasi. Anak-anak membayangkan segala macam hal. Mulai dari yang mungkin sampai yang mustahil. Tapi seiring dengan pertumbuhan, imajinasi berkurang. Anak-anak mulai memusatkan diri pada kenyataan. Hal-hal yang sudah pasti. Ilmu exact, misalnya.

Proses ini dibantu dengan lingkungannya. Orang tua (rata-rata) lebih senang jika si anak berhasil masuk program IPA. Masyarakat menganggap orang yang berprofesi di bidang IPA seperti dokter atau arsitek lebih hebat dibanding seniman. Padahal lampu ga akan bisa ditemukan kalau Faraday ga pernah menemukan listrik. Orang ga akan pernah tahu gravitasi kalau Newton ga pernah heran kenapa apel bisa jatuh ke bawah (eh.. ga nyambung ya?).

Penemuan-penemuan itu semuanya berasal dari imajinasi. Kita membayangkan sesuatu, mencoba membuatnya menjadi kenyataan, lalu jika percobaan tersebut berhasil maka jadilah suatu penemuan baru. Dan jika penemuan itu berharga, maka akan diajarkan di sekolah-sekolahan.

Cerita Drakula sudah ada selama ribuan tahun--novel 'Bram Stoker's Dracula' sudah bertahan seabad lamanya. Film The Lord of the Rings: The Return of the King berada di urutan kedua pada film terbagus sepanjang masa, tepat setelah Titanic. Kisah Harry Potter langsung meledak pada awal-awal bukunya terbit. Dan semua itu hanya imajinasi semata.

Zaman sekarang, zaman teknologi, orang-orang hampir sepenuhnya terpusat pada ilmu pasti. Peralatan canggih sudah menjadi bagian hidup semua orang. Semakin canggih suatu alat (misal: hp) yang dimiliki seseorang, semakin "wah" orang tersebut. Padahal satu artikel menyebutkan (lupa nemu di mana artikelnya) bahwa peralatan canggih membuat lemah otak manusia. Hal-hal yang seharusnya diingat, udah ga perlu diingat lagi, soalnya bisa dicatat di hp atau iPod atau alat canggih apa pun yang bisa dipake mencatat. Walaupun begitu, di sisi lain, peralatan canggih memang membantu kehidupan manusia itu sendiri.

Di luar ilmu pasti, kebanyakan masyarakat dunia lebih menaruh pada hal-hal yang sudah jelas, alias hal-hal yang sudah ada sebelumnya. Bukan yang abstrak. Menurut pandangan pribadi, sih, justru yang abstrak yang lebih bisa dikembangkan. Soalnya kan masih belum tahu akan mengarah ke mana hal abstrak tersebut. Belum pasti seperti apa bentuk hal tersebut. Namanya juga abstrak. Memang hal yang sudah jelas terlihat lebih mudah untuk dimengerti secara mendalam (atau apa pun istilahnya deh). Tetapi untuk pengembangannya menjadi lebih sulit, karena kita 'mengikuti', jadi ruang untuk kreativitas sendirinya menjadi lebih kecil.

Memang, membuat sesuatu yang baru itu tidak mudah. Tapi jika dasar-dasarnya sudah terbentuk, mengembangkannya akan jauh lebih mudah. Dasar-dasarnya tentu bukan satu hal yang sudah pasti dan jelas. Itu hanya berupa patokan bias ga nyasar. Istilah kerennya GPS. Dasar-dasar itu bisa saja berubah, yang artinya akan merubah arah awalnya. Hanya arah awal saja, karena tujuan tidak harus diubah.

Pusing? Sama!

Intinya, jangan terpaku hanya pada hal-hal yang sudah diberikan. Dunia selalu menyimpan atau menyembunyikan sesuatu. Kalau kita fokus pada hal yang sudah tampak jelas saja, kita ga akan bisa maju. Berimajinasilah dan temukan sesuatu! Jangan selalu mengikuti hal yang umum. Terkadang yang khusus malah lebih hebat dan menjamin.

Nah, kalau program "FUN DAYS with SPEEDY" termasuk hal yang abstrak atau bukan?? Ya... perlu dipikirin lebih lanjut, kayanya. Tergantung masing-masing, deh.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

hahahahaha. ia bener bgt kata2 km. setuju sekali saya. two thumbs up.

The GOGONs mengatakan...

@anonim: trims ya!^^

gHEa O-viiE mengatakan...

asa inget film sharkboy and lavagirl..
hagz,, hagz,,

The GOGONs mengatakan...

@ghea: geee...! tenkyu pisan uda ngomen!

Anonim mengatakan...

hahahahaha. ia bener bgt kata2 km. setuju sekali saya. two thumbs up.

The GOGONs mengatakan...

@anonim: trims ya!^^

gHEa O-viiE mengatakan...

asa inget film sharkboy and lavagirl..
hagz,, hagz,,

The GOGONs mengatakan...

@ghea: geee...! tenkyu pisan uda ngomen!

Posting Komentar